Cara Mencegah Infeksi Saluran Kencing | Tips Kesehatan

Posted by najaha kamir Selasa, 26 November 2013 0 komentar
Cara Mencegah Infeksi Saluran Kencing dengan obat alami yang telah teruji secara klinis dapat mengatasi keluhan infeksi saluran kencing. Penyakit ISK rentan sekali dengan kaum perempuan, sehingga penyakit ini sering terjadi pada wanita. Namun anda tidak perlu khawatir ,karena kami sebagai agen resmi obat herbal akan memberikan tips kesehatan untuk mencegah infeksi saluran kencing pada wanita.

Menahan buang air kecil seringkali dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang sibuk. Terkadang, aktivitas yang sedang tanggung, membuat mereka rela untuk menahan buang air kecil beberapa waktu. Hal ini tentu sangat tidak baik. Awalnya, tidak ada masalah yang akan dirasakan. Namun, dalam jangka panjang jika kebiasaan ini tidak segera dirubah, maka bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

Pada umumnya, orang yang merasa dalam sehari ia sangat sering bolak-balik ke kamar kecil, dan sudah berlangsung sekian lama, wajib memeriksakan diri ke dokter. Terlebih jika urin yang dikeluarkan sering tidak tuntas, dan diiringi dengan rasa pedih saan buang air kecil. Beberapa gejala tersebut termasuk ke dalam gejala infeksi saluran kemih.

Orang yang menderita infeksi saluran kemih, biasanya memiliki urin yang berwarna keruh dan berbau kuat. Beberapa orang mengatakan terdapat keping darah dalam urin mereka. Tidak hanya itu, penyakit ini rentan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah.

Wanita Berisiko Terkena Infeksi Saluran Kemih

Wanita lebih sering dikaitkan dengan penyakit infeksi saluran kemih. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Betsy Foxman dari Sekolah Kesehatan Masyarakat di Universitas Michigan, Amerika, mengatakan sekitar 40-50% wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih, setidaknya sekali seumur hidup.

Sebanyak 80% dari wanita yang pernah mengalami infeksi saluran kemih, biasanya juga akan mengalami infeksi kedua atau ketiga. Pada umumnya hal ini terjadi pada wanita yang berusi 20 tahun-65 tahun.

Infeksi saluran kemih sendiri merupakan infeksi yang disebabkan oleh adanya bakteri, yang menyerang ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Pada umunya, bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah Escherichia coli. Pada wanita hal ini menjadi sangat mudah terjadi karena letak vagina dan anus yang berdekatan.

Pengosongan saluran kemih yang tidak tuntas, adalah salah satu pencetus munculnya infeksi saluran kemih. Pada wanita yang baru saja menikah dan melakukan hubungan intim, hal ini termasuk sering terjadi, namun akan segera sembuh dengan cepat. Beberapa orang dengan penyakit seperti diabetes mellitus, atau yang tengah melakukan beberapa pengobatan antikanker juga rentan mengalami hal ini.


Cara Mencegah Infeksi Saluran Kencing Secara Alami

Saluran kemih adalah organ paling penting untuk sirkulasi pada manusia, karenanya kebersihan saluran kemih sebaiknya terus diperhatikan. Walaupun terlihat sepele, hal-hal kecil yang biasa Anda lakukan sehari-hari bisa memicu infeksi saluran kemih.

Beberapa hal berikut ini, dapat membantu Anda terutama wanita untuk mencegah terjadnya infeksi saluran kemih, yaitu:
  • Membersihkan saluran kemih setiap kali buang air kecil atau air besar, dengan cara menyiram dari bagian depan ke belakang.
  • Membuang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seksual, dan membersihkannya dengan air yang mengalir.
  • Hindari menahan buang air kecil terlalu lama.
  • Sebaiknya tidak menggunakan cairan pembersih vagina atau sabun bagi wanita saat membersihkan vagina, untuk menjaga ketahanan bakteri baik.
  • Menjaga kesehatan dengan banyak meminum air putih (minimal 2 liter sehari), menghindari makanan yang terlalu pedas atau menghindari terlalu sering mengkonsumsi kopi.
  • Sesekali meminum larutan prebiotik juga sangat baik untuk tubuh Anda.
  • Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran
  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat
Saluran kemih adalah organ vital untuk manusia, karenanya sedari dini, kebersihan dan kesehatannya harus diperhatikan dengan baik, agar tidak menimbulkan masalah infeksi saluran kemih di kemudian hari. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Mencegah Infeksi Saluran Kencing, semoga bermanfaat.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Mencegah Infeksi Saluran Kencing | Tips Kesehatan
Ditulis oleh najaha kamir
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://obattasma.blogspot.com/2013/11/cara-mencegah-infeksi-saluran-kencing.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger